Senin, 27 Agustus 2012

KEBUN TEH WONOSARI

                          
  Begitu memasuki area perkebunan teh, sejuk angin pegunungan langsung menyapa. Begitu pula rindang pepohonan dan tanaman teh yang menghampar, seperti tak ingin ketingalan menyambut mereka yang datang.
         

Kebun teh wonosari terletak di dua desa dan dua kecamatan yaitu desa Toyo marto ( kecamatan Singosari ) dan desa Wonorejo ( kecamatan Lawang ), Kebun teh ini di kaki Gunung ARJUNO,

   
   Profil singkat Wisata Agro Wonosari, Awal berdirinya Kebun Teh Wonosari  Lawang, ini tak luput dari perusahaan asing asal Belanda yang bernama NV Cultur Maatschappy. Tepat pada 1875 perkebunan ini didirikan oleh perusahaan itu.


  Menurut sejarahnya di awal 1910 hingga 1942-an, kebun ini ditanami teh dan kina. Namun, pada jaman penjajahan Jepang 1942-1945, sebagian tanaman teh diganti menjadi tanaman pangan, seperti ubi, singkong, kentang, dan sejenisnya.


Hingga pada akhirnya pada 1945, masa kemerdekaan bangsa Indonesia. Perkebunan ini diambil alih oleh negara dengan nama Pusat Perkebunan Negara (PPN), dan 1950 tanaman kina diganti lagi oleh tanaman teh

 Perkebunan teh yang dikelola PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) ini memiliki luas 1.144,31 hektare yang terbagi atas tiga bagian perkebunan. Antara lain, kebun Wonosari seluas 370,31 hektare di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari, kebun Gebug Lor seluas 344,11 hektare di Desa Wonorejo Kecamatan Lawang . dan kebun Raden Agung seluas 429,89 hektare di Desa Ambal-Ambil Kecamatan Kejayan.

sumber ; http://www.eastjavatraveler.com/melayang-di-kebun-teh-lawang/
  

Tidak ada komentar: